Rabu, 07 Maret 2018

Teori Komputasi Beserta Contoh Implementasi



Pengertian teori komputasi



Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Bidang ilmu ini terutama membahas hal terkait komputabilitas dan kompleksitas, dalam kaitannya dengan formalisme komputasi.

Secara umum teori komputasi adalah ilmu yang memfokuskan pada model matematika serta penggunaan komputer yang bertujuan untuk memecahkan persoalan dalam dunia sains. Komputasi ini berasal dari kebutuhan manusia untuk menghitung berbagai macam aktifitas yang berhubungan dengan aritmatika.


Contoh Implementasi Komputasi di Berbagai Bidang

·         Bidang Biologi
terdapat Bioinformatics merupakan aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer dalam penelitian bidang biologi molekuler yang menggunakan data biologi untuk mengembangkan algoritme atau model untuk memahami  berbagai sistem  dan hubungan biologis. Bioinformatika ini mulai berkembang pada awal tahun 1970-an.

·         Bidang Kimia
terdapat Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk  membantu menyelesaikan masalah kimia, contohnya penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul. Cabang kimia ini menggunakan hasil kimia teori yang diterjemahkan ke dalam program komputer untuk menghitung sifat-sifat molekul dan perubahannya maupun melakukan simulasi terhadap sistem-sistem besar (makromolekul seperti protein atau sistem banyak molekul seperti gas, cairan, padatan, dan kristal cair), dan menerapkan program tersebut pada sistem kimia nyata.

·         Bidang Ekonomi
terdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.

·         Bidang Geografi
terdapat penggunaan komputasi yang diterapkan pada GIS (Geographic Information System) yang berguna untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisa informasi geografi, sebagai contoh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika).

·         Bidang Geologi
pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.

·         Bidang Sosiologi
terdapat Computational Sosiology yaitu penggunaan metode komputasi dalam menganalisa fenomena sosial.

·         Bidang Matematika
terdapat numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah - masalah matematika, sebagai contoh penerapan teknik – teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientific computing, dan lain – lain yang masing - masing  bertujuan untuk menyelesaikan masalah real berskala besar.


Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar