Sabtu, 30 April 2016

Apa itu ResearchGate?

Pengertian ResearchGate

ResearchGate adalah Sebuah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Pada situs ini menyediakan berbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. ResearchGate dibuat oleh 3 orang yaitu Dr.Ijad Madisch, Soren Hofmayer, Horst Fickenscher dan diluncurkan pada Mei 2008. Dibandingkan dengan situs dan alat kolaborasi lainnya, ResearchGate telah mengembangkan alat pencarian internet semantik yang mampu untuk mencari makalah penelitian dari seumber internal dan database eksternal terkenal seperti PubMed, CitiSeer, arXiv, NASA library, dan sebagainya. Alat pencarian internet ini dikembangan untuk menganalisa kata - kata dan ungkapan yang lebih luas daripada yang biasa digunakan pada alat pencarian internet lainnya dengan cara menganalisa seluruh abstrak makalah penilitian sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih akurat.


Beberapa Keuntungan pada ResearchGate, yaitu:

  • Free to Signup
  • Mampu untuk mencari makalah penelitian dari sumber internal dan database eksternal
  • Dapat membuat grup dan fitur - fitur penelitian dan pengajaran
  • Setiap grup memiliki perangkat lunak kolaboratif, seperti alat berbagi file yang dapat digunakan dengan anggota grup lainnya untuk menulis dan menyunting dokumen
  • Pembuat jadwal dan survey/polling
  • Pengguna dapat membaca dan mengunduh penulisan yang telah diterbitkan secara gratis.

 

Berikut contoh Pengguna ResearchGate yaitu beberapa Dosen Gunadarma :






















Kesimpulan

Kesimpulannya adalah ResearchGate sangat membantu atau mempermudah di kalangan ilmuwan, dosen, dan juga mahasiswa dalam berbagi ilmu dan penelitian. Selain itu ResearchGate bisa menghubungkan antar 1 pengguna ke pengguna lainnya, jadi bisa untuk berdiskusi dan saling sharing pemikiran.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/ResearchGate
http://hasaneljabir.blogspot.co.id/2016/04/research-gate-media-sosial-para-peneliti.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar