Selasa, 14 Juni 2016

Webometrics

Pengertian Webometrics

Peringkat Universitas Dunia Webometrics atau Webometrics adalah organisasi yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia, sebagai rintisan Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang masih merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Clentificas, lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Update hasil pemeringkatan dirilis Webometrics setiap bulan Januari dan Juli. Komponen yang di gunakan Webometrics untuk pemeringkatan adalah Visibility (50%) yang terdiri dari impact yaitu jumlah link eksternal menurut Ahrefs dan Majestic SEO, dan Activity (50%) yang terdiri dari Presence (20%), yakni jumlah halaman situs domain menurut Google, Openness (20%) yakni jumlah publikasi ilmiah dalam format rich files (*pdf, *doc, *ppt, *ps) menurut Google Scholar, dan Excellence (10%) yakni jumlah publikasi ilmiah menurut Scimago.


Empat Parameter Webometrics

  1. Visibility (V) adalah Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi - logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.
  2. Size (S) adalah Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.
  3. Rich Files (R) adalah Volume file yang ada di situs Universitas dimana format file yang dinilai layak masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.
  4. Scholar (Sc) adalah Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya. 

Peringkat 20 Universitas terbaik di Dunia menurut Webometrics tahun 2016

 


Sekian... :D


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Peringkat_perguruan_tinggi_dunia
https://unand.wordpress.com/2011/02/06/ikut-banggakah-dengan-peringkat-webometrics/
http://www.webometrics.info/en/world




Tidak ada komentar:

Posting Komentar