Rabu, 26 Juli 2017

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1            Latar Belakang

Perkembangan teknologi saat ini berkembang se- makin pesat, diiringi dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan akan fasilitas-fasilitas yang mendukung manusia dalam upaya menyelesaikan pe- kerjaan. Teknologi komputer merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu mempercepat kerja manusia. Teknologi komputer telah diterapkan diber- bagai macam bidang meliputi pendidikan, kesehatan, perkantoran, telekomunikasi, bisnis, dan sebagainya, begitu juga dalam dunia hiburan. Salah satu ben- tuk hiburan diantaranya adalah Game, game sangat berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi komputer. Game sangat banyak diminati baik dari ka- langan anak-anak, remaja sampai dengan dewasa. Na- mun pada kesempatan ini penulis ingin membuat suatu buku yang mengangkat game yang tak lekang oleh wak- tu yaitu game tetris mengguanakan arduino. Untuk menjadi perancang game, kita dapat mempelajari su- atu media yang salah satunya adalah Arduino. Ardui- no adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, diran- cang untuk memudahkan penggunaan elektronik da- lam berbagai bidang.

1.2            Rumusan Masalah

Dalam pembuatan game tetris menggunakan ardu- ino ini permasalahan akan dibatasi pada:
                  1.    Pembuatan Game Tetris menggunakan Arduino.
2.    Pembuatan Game ini sebagai bahan referensi ba- gi pembuat game.

1.3           Tujuan

Tujuan dalam penulisan ini bermaksud untuk mem- buat game dengan mengangkat judul “ Pembuatan Game Balap Tetris berbasis Arduino” dan juga diharapk- an agar buku ini menjadi referensi dalam membuat ga- me dengan arduino

1.4         Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang diterapkan penulis un- tuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasa- lahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga akan memperoleh gambaran yang jelas tentang isi dari penulisan ini terdiri dari empat bab diantaranya :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan beberapa pokok persoal- an yang terdiri dari Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulis- an.
BAB II GAME  DESIGN
Pada bab ini akan dibahas mengenai Game De- sign, Tentang Karakter/Object,Game Play, serta Le- vel/MAP.
BAB III PEMBAHASAN MASALAH
Pada bab ini akan diuraikan dengan jelas game te- tris dengan menggunakan arduino, Struktur Naviga- si, Rancangan Tampilan, Pembuatan game, Spesifikasi Perangkat yang Digunakan, serta  Implementasi.
BAB IV HASIL
Pada bab ini mengenai hasil yang dicapai dalam implementasi
BAB V PENUTUP
Pada bab ini mengenai kesimpulan dan saran sebagai evaluasi agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar