Rabu, 26 Juli 2017

BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN

5.1            Kesimpulan

Game Tetris merupakan jenis permainan puzzle , yaitu sebuah mesin permainan hiburan yang diope- rasikan dengan lampu led yang terpasang di tempat- tempat umum seperti pusat permainan hiburan. Ben- tuk kebanyakan permainan puzzle adalah permainan- permainan yang membentuk sebuah susunan rangkain yang mana rangkaian tersebut menghilang dengan cara membuat garis horizontal. Saat pastinya masih dipe- rdebatkan, zaman keemasan permainan puzzle biasa- nya disebutkan pada periode awal sekitar akhir 1970-an dan berakhir di pertengahan 1980-an. Permainan ini bangkit sebentar awal 1990-an, tetapi kemudian indus- tri puzzle semakin menurun di belahan bumi barat ka- rena tidak mampu bersaing dengan konsol permainan.video yang dapat dimainkan di rumah dan beragam jenisnya, serta lebih murah dalam biaya.
Game Tetris dapat dibuat bentuknya secara fisik dengan beberapa komponen yang dibutuhkan dan un- tuk pemrosesannya dapat menggunakan Arduino. Ardu- ino merupakan sebuah mikrokontroler yang memiliki prosesor . Arduino dapat mengendalikan beberapa kom- ponen seperti sensor, lampu serta layar display seba- gai output. Untuk melakukan pengendalian tersebut Arduino harus di program terlebih dahulu dengan sof- tware bawaan yaitu IDE dari Ardunio tersebut. IDE tersebut terbuat dari bahasa java sedangkan jika peng- guna ingin memprogramnya harus menggunakan ba- hasa C. Untuk mentransfer program yang telah dibuat pada IDE tersebut maka harus dilakukan penyambung- an Arduino dengan kabel usb ke laptop atau komputer kemudian malakukan proses upload.
Arduino memiliki beberapa tipe yang menjadikan- nya unik satu sama lain, seperti jumlah pin yang dimi- likinya, besar volt, fitur tambahan dan ukuran Ardu- ino. Oleh karena itu sesuaikan kebutuhan pada alat yang akan dibuat, jika seandainya ingin membuat alat yang membutuhkan koneksi bluetooth maka gunaka- nlah Arduino BT. Walau Arduino memiliki banyak ti- pe tetapi untuk proses penulisan program tetap meng- gunakan IDE yang sama dan dengan cara yang sama untuk melakukan transfer ke Arduino  tersebut.
Pada kesimpulan ini Game Tetris dengan mikrokon- troler Arduino adalah permainan yang menyususn se- buah rangkaian untuk menjadikan rangkaian tersebut hilang dengan cara membentuk rangkaian horizontal.Dengan bantuan berbagai mikrokontroler dapat dibuat menjadi design tetris yang sempurna. Game tetris ini bisa dimainkan oleh anak remaja maupun yang sudah lanjut usia denga design tertentu dengan kebutuhan masing – masing.


5.2           Saran

Game Tetris dengan mesin tersebut bisa di kem- bangkan dengan luas dengan berbagai tipe penyusunan yaitu pada mesin atau pada program, dalam game te- tris tersebut bisa di gunakan sebagai permainan untuk mengasah kemampuan dan mengasah perkembangan otak. untuk itu game tersebut di kembangkan sedemi- kian mungkin dalam segi desain, tataletak dan warna yang memberikan kecerahan pada game tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar